Jumat, 26 Maret 2010

Diskusi : Merangsang Minat Baca

Apakah hari ini ibu – ibu sudah membaca ? tentang apa? Apakah anaknya ditemani membaca ? ” pertanyaan tersebut diajukan oleh narasumber ketika mengisi diskusi mengenai ”Merangsang Minat Baca pada anak. Diskusi yang dilakukan tanggal 19 maret 2010 di perpustakaan karyawan sampoerna dihadiri 41 orang peserta.
Tips memberikan contoh kepada anak, menciptakan atmosfer/lingkungan yang senang membaca,mengajak anak ke perpustakaan atau toko buku menjadi salah trik yang diberikan oleh Tri Susantari. Dosen ilmu informasi dan perpustakaan unair, mengajak para orang tua terutama para ibu untuk mengaca pada dirinya sendiri ketika memaksa anak belajar maupun membaca.
Diskusi terasa hangat ketika terdapat pertanyaan dari salah satu ibu ”anak itu lho kok susah disuruh baca, padahal saya sudah memberi contoh , menceritakan isi bukunya!.Kesesuain tema yang disukai anak juga mempengaruhi anak untuk membaca. Bisa dilakukan dengan memijamkan atau membelikan buku yang sesuai dengan minat atau hobi anak baru bisa diarahkan untuk membaca yang lain.
Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pkl.17.00 ketika narasumber menutup dengan kalimat ” iqro .. iqro ! Itulah surat pertama yang turun dalam islam. Semoga semangat membaca ini tidak hanya ada pada para peserta diskusi tetapi menular pada keluarga dan lingkungan sekitarnya. Sekali Merdeka Tetap Membaca ( Doi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar